Software Alternatif Bagi Pengguna Photoshop

Para pengguna image editor mungkin sudah mengenal yang namanya PHOTOSHOP. Hampir seluruh perusahaan yang bergerak dibidangnya maupun pribadi menggunakan software ini. Software ini kebanyakan diperkenalkan dibangku sekolah ataupun dari kerabat dekat yang telah menggunakannya terlebih dahulu.

Namun, didalam mendapatkan program tersebut, banyak yang membeli melalui toko software bajakan atau mendownload dari situs-situs penyedia aplikasi secara online. Adapun alasan untuk memilih membeli atau menggunakan software bajakan adalah biaya untuk membeli software original atau asli sangat tidak memungkinkan karena harganya cukup mahal (rentang harga diatas 5 juta sampai puluhan juta) sedangkan harga software bajakan hanya 10 ribu - 25 ribu per keping cdnya, dimana didalamnya telah terdapat berbagai software tambahan.

Dikarenakan maraknya penggunaan software bajakan, banyak produsen software merasa gerah, dan berusaha melindungi software-software mereka dari pengguna ataupun supplier software bajakan dengan cara beraliansi dan bekerja sama dengan kepolisian untuk menindak dan menghukum pelaku. Beberapa pihak yang tertangkap menggunakan software bajakan dikenakan hukuman penjara dan denda mencapai ratusan juta.

Jika dipikirkan, dengan menggunakan software bajakan yang seharga 25 ribu + denda ratusan juta, kira-kira berapa banyak software original yang bisa dibeli?. Semua itu akan kembali lagi ke permasalahan pokok yaitu ketidak mampuan untuk membeli software original yang berharga jutaan rupiah.

Saat ini telah banyak beredar produk-produk alternatif yang dapat dipergunakan, tanpa harus berurusan dengan pihak yang berwajib. Dalam hal software image editor yang berharga murah namun tidak beresiko didalam penggunaannya dan memiliki kemampuan yang mendekati PHOTOSHOP adalah GIMP. Software murah meriah ini merupakan hasil pengembangan dari komunitas OPEN SOURCE. Software ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan selalu dapat memenuhi keinginan dari masyarakat luas yang membutuhkan image editor berkemampuan tinggi.

Disamping memiliki kemampuan bawaan yang telah ada, GIMP memiliki kemampuan memperggunakan beberapa plug-in dari PHOTOSHOP (PSPI - Photoshop Plugin Interface) sehingga akan lebih mendekati kemampuan dari PHOTOSHOP itu sendiri. Jika tertarik untuk mengembangkan plug-in sendiri, GIMP memiliki module plug-in yang secara khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna GIMP itu sendiri yaitu GIMP PLUGIN.

Alternatif lainnya yaitu GIMPHOTO dan GIMPSHOP, dimana kedua software ini masih menggunakan GIMP sebagai core atau inti dari dasar sotware penggolahan gambar, hanya antar muka sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga bagi pengguna PHOTOSHOP tidak akan merasa asing lagi dan disibukan dengan icon-icon baru.

Sudah saatnya kita menjauhi dari dari menggunakan software bajakan, sehingga kita dapat saling menghargai antara produsen dan konsumen. Produsen dapat menekan biaya dan menurunkan harga software atau meningkatkan kualitas software jika tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan operasi software bajakan dan sebaliknya konsumen dapat membeli sebuah produk yang berkualitas dengan harga rendah.

Jika kita belum mampu untuk membeli produk mahal, mari kita menggunakan produk yang berbasis freeware atau opensource yang dikembangkan oleh komunitas. Semua dapat dimulai dari diri sendiri atas dasar kemauan, dilanjutkan dari institusi pendidikkan sebagai sumber pembelajarannya.

0 comments:

Denpasar, Bali, Indonesia
hanya orang biasa yang ingin berpikir secara logis dan sederhana